Belajar CRUD Room Database di Android : Membuat Fungsi Read Data

Membuat Fitur Read All Data Menggunakan Room Database Library

Membuat XML layout

Untuk membuat fitur read all data menggunakan Room library, yang kalian butuhkan adalah sebuah Activity baru yang berisi RecyclerView untuk menampilkan semua data yang ada di dalam SQLite database. File XML untuk Activity read all ini bisa dilihat di sini. Untuk item RecyclerView nya, kita hanya akan menampilkan nama barang, file XML layout untuk item Recycler View bisa dilihat di sini.

 

Membuat method read all di Data Access Object

Setelah kalian menambahkan dua file XML layout tersebut ke project Android Studio kalian, selanjutnya kita akan menambahkan method untuk read all data pada BarangDAO.java. Pada interface Data Access Object inilah kita akan menambahkan method-method yang digunakan untuk mengakses database secara langsung, termasuk method read all data.

Copy-pastekan kode di bawah ini ke file BarangDAO.java :

Bisa dilihat pada codingan di atas, kita menggunakan annotation @Query untuk melakukan read all data. Berbeda dengan annotation @Insert yang kita gunakan untuk add/tambah data. Pada annotation @Query kita bisa memasukkan query SQLite yang kita inginkan di situ. Karena method nya digunakan untuk mengambil semua data barang, maka kita tulis saja query SQL select all standard. Ini adalah salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Room database library. 🙂

Membuat RecyclerView Adapter

Kemudian, kita akan membuat RecyclerView adapter supaya data yang kita ambil dari database bisa dimapping dan ditampilkan pada aplikasi. Untuk source code RecyclerView adapternya bisa kalian lihat di sini.

Membuat Activity Read All Data

Jika sudah, maka terakhir kita akan membuat activity read all data, dimana pada activity inilah kita akan mengakses Data Access Object (BarangDAO), mengambil semua data barang, dan setelah itu ditampilkan pada aplikasi.

Isi kode RoomReadActivity.java seperti di bawah :

Dari codingan di atas, codingan yang penting adalah seperti di bawah ini :

Pada source code di atas bisa kita lihat bagaimana cara mengakses BarangDAO, yang sebenarnya sama caranya dengan di tutorial insert data sebelumnya. Perlu diketahui di sini kita menggunakan method allowMainThreadQueries() supaya kita bisa menjalankan method read all data di main thread. Namun cara ini tidak disarankan, karena kita sebenarnya harus menjalankannya di background thread menggunakan AsyncTask seperti di tutorial sebelumnya.

Related posts

Leave a Comment