Belajar CRUD Room Database di Android : Membuat Fungsi Insert Data

Perlu kita ingat, Room library pada dasarnya hanyalah sebuah abstraction / interface yang memudahkan kita dalam menggunakan database di Android, layer bagian dalam dari Room database library adalah database SQLite seperti biasa. Karena itu ada baiknya jika kalian memahami syntax SQL dan konsep dasar SQLite di Android.

Membuat Fitur Insert Data Menggunakan Room Database Library

Untuk membuat fitur create/insert data, yang kita butuhkan adalah sebuah form untuk menginputkan data-data barang berupa nama barangmerk barang, dan harga barang. Supaya singkat dan mudah dipahami saya tidak akan meng-copypaste-kan kode XML nya di sini, XML layout nya sederhananya silahkan bisa dilihat di sini.

Setelah XML untuk create data dibuat. Kita akan menambahkan method untuk insert data pada interface BarangDAO yang berfungsi sebagai Data Access Object. Di interface BarangDAO.java inilah nantinya kita akan menempatkan method-method yang bisa kita gunakan untuk mengakses database secara langsung, termasuk method insert Barang.

Maka buka file BarangDAO.java dan masukkan kode untuk insert data seperti di bawah ini :

Bisa dilihat di kodingan di atas, kita menggunakan annotation @Insert untuk melakukan insert data, annotation tersebut sudah bawaan dari Room database library, sehingga kita tidak perlu menuliskan raw SQL query untuk create data. Setelah itu ada parameter onConflict yang akan menandakan strategy apa yang akan dipilih saat terjadi conflict pada proses insert data, dalam kasus ini kita menggunakan strategy REPLACE yang berarti jika ada konflik / data yang ingin kita masukkan di database sudah exist. Maka data yang lama / existing akan di-replacedengan data yang baru kita insert.

Sekarang untuk penggunaannya, pada Activity create data kalian. Modifikasi kodingan kalian menjadi logic flow seperti di bawah ini :

Jika kalian lihat, sebagian besar kodingan di atas adalah untuk menyambungkan antara form XML dengan Activity .java nya. Kita menerima inputan nama barang, merk dan harga dari form, kemudian memasukkannya ke dalam object Entity barang yang sudah kita buat di tutorial sebelumnya.

Related posts

Leave a Comment