Menghubungkan Aplikasi Android dengan Database MySQL (Bagian 1)

Abis kemarin kita selesai seri tutorial Android dengan SQLite dan dengan Room Library, sekarang masih sama yaitu bikin aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) Android sederhana, tapi bakal kita hubungin ke database MySQL.

Nah, gue anggep kalian udah pada paham sedikit pemrograman PHP dan juga pemahaman database, terutama MySQL. Tutorial kita kali ini agak ribet dari tutorial yang lalu lalu karna kita bakal main di PHP nya juga dan bakal bikin koneksi ke database nya juga di project Androidnya.

Terus juga ngga beda jauh sama tutorial yang kemarin kemarin, tampilan yang kita pake disini sederhana aja dan lebih berfokus ke prosesnya biar lebih mudah pahaminnya gitu kan. Tapi kalau emang “setelah” tutorial ini selesai dan sempet kita bakal agak percantik dikit UI nya. Langsung CUS aja yuk.

Untuk pembuatan project di tutorial kali ini kita bagi jadi 3 bagian :

  1. Bikin Database di MySQL.
  2. Bikin FIle – File PHP nya.
  3. Bikin Project Android nya.

1.   Bikin Database MySQL

Nah, yang belum paham MySQL atau pen-Database-an nihhh mending mampus aja pelajarin dulu, referensinya di google banyak kok. Ga perlu jago banget MySQL kok yang penting paham bikin database, table dan paham field field nya. Semangat .

Yok, sekarang bikin database nya di MySQL dengan nama db_android trus bikin table dengan nama tb_pegawai dan kasih 4 baris aja. Nah, isi struktur table nya kaya di bawah :

Done. Pembuatan Database udah sampe gini aja. Udah. Selesai. Ngapain? PULANG!!! Lanjut ke bikin file – file PHP. Lanjut di Bagian 2.

Bagian 2 : Menghubungkan Aplikasi Android dengan Database MySQL (Bagian 2)

Related posts

Leave a Comment